Bitter
23 Tempat Wisata di Kabupaten Sinjai Yang Wajib Dikunjungi

23 Tempat Wisata di Kabupaten Sinjai Yang Wajib Dikunjungi

Wisata
23 Tempat Wisata di Kabupaten Sinjai Yang Wajib Dikunjungi

Gema.id Sinjai – Hai travelers! Apakah kalian sedang merencanakan liburan akhir pekan ini ?. Tempat wisata di Kabupaten Sinjai, Sulsel bisa jadi pilihan utama juga yah buat kalian.

Apalagi di daerah ini banyak objek wisata yang indah. Jadi kalian bisa merefresh dan meringankan beban pikiran karena kesibukan kerja. Tempat-tempat yang keren dan instagramable juga banyak guys.

Selain objek wisata alam, di Sinjai juga ada objek wisata budaya, kuliner, dan religinya lho. Lalu, tempat wisata apa saja sih yang ada di Sinjai? Berikut kami rangkum 23 Tempat wisata di Sinjai yang menarik dan wajib dikunjungi oleh travelers.

#1 BENTENG BALANGNIPA

Pilihan pertama yang direkomendasikan buat wisatawan yakni Benteng Balangnipa. Pasalnya tempat wisata ini punya nilai sejarah perjuangan rakyat yang bisa menambah wawasan dan rasa nasionalisme.

Benteng Balangnipa sendiri merupakan bangunan dan benteng kokoh yang sudah ada sejak abad ke-15. Berdasarkan literatur sejarah yang ada di Pemda Sinjai, Benteng Balangnipa didirikan tahun 1557 oleh kerajaan Tellulimpoe. Yakni perserikatan antara rakyat pribumi dari Lamatti, Tondong dan Bulo-bulo. Benteng Balangnipa dibangun di atas lahan dengan luas sekitar 2500 meter persegi.

Cewek Hijab Manis Di Benteng Balangnipa Wisata Sinjai
Salah Satu Pojok Benteng Balangnipa Sinjai – Photo by @almar_atusholihahh

Di dalam Benteng Balangnipa, wisatawan dapat melihat langsung sebuah Meriam yang terbuat dari tembaga. Beberapa porselin kuno dari Ming, Shati dan juga Ching bisa dijumpai ini. Ada juga Keramik-keramik khas Eropa dan Jepang yang digunakan oleh Belanda saat masih menjajah wilayah nusantara.

Lokasi: Benteng Balangnipa terletak di Jln Sungai Tangka, Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

#2 RUMAH ADAT KARAMPUANG

Jika sudah puas berkunjung di Benteng Balangnipa, maka objek wisata budaya di Karampuang harus pula kalian kunjungi. Karampuang sendiri merupakan nama dari sebuah kampung di Sinjai. Namun, inilah satu-satunya tempat yang masih memelihara kebudayaan asli Sinjai.

Cewek cantik dan manis Hijab Remaja IGO di Rumah Adat Karampuang Sinjai wisata
Rumah Adat Karampuang – Photo by @alnaami

Di wilayah adat karampuang, masih berdiri kokoh dua buah rumah adat berstruktur Bugis kuno. Rumah pertama dihuni oleh To Matoa (Raja), dan rumah kedua dihuni oleh Gella (Kepala Pemerintahan Adat). Rumah Adat Karampuang tetap mempertahankan nuansa tradisionalnya.

Dari informasi warga setempat, bahwa jika rumah adat tersebut hendak direnovasi, maka diadakan upacara pengangkutan kayu dari dalam hutan. Upacara adat tersebut bernama Madduik.

Lokasi: Rumah Adat Karampuang terletak di Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupodo. Jarak menuju lokasi kurang lebih 30 km dari kota Sinjai.

#3 BATUPAKE GOJENG

Menurut catatan sejarah Kabupaten Sinjai, tempat wisata puncak Taman Purbakala Batu Pake Gojeng dahulunya merupakan Benteng pengintaian dan markas pertahanan Jepang. Di tempat inilah mereka akan mengawasi kapal laut dan pesawat udara yang melintasi di Teluk Bone.

Cewek Hijab Cantik di Wisaya Baju PAke Gojeng Naik Tangga Bokong Indah
Batu Pake Gojeng – Photo by @nisaafriana

Wisatawan yang berkunjung di tempat ini takkan merasa rugi. Karena di tempat ini pengunjung bisa melihat pusat kota Kabupaten Sinjai. Selain pemandangan alamnya yang indah dan eksotik,  travelers juga bisa melihat hijaunya hutan mangrove (Hutan Bakau) yang ada di desa Tongke-tongke di Sinjai Timur.

Dari kejauhan juga tampak deretan pulau-pulau sembilan yang notabene masih wilayah Sinjai.

Lokasi: Taman Batupake Gojeng terletak di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara. Jarak menuju lokasi hanya berkisar 2 km dari pusat kota Sinjai.

#4 TPI LAPPA

Sejatinya jika wisatawan berlibur ke suatu daerah, maka hal yang paling diincar yakni hal yang berbau kuliner. Nah, tuk wilayah Sinjai sendiri, TPI Lappa masuk salah favorit bagi setiap pengunjung.

Di tempat ini, wisatawan akan melihat langsung aktivitas pelelangan ikan dan transaksi hasil laut lainnya antar nelayan dan pembeli. Selain itu, pengunjung juga bisa lho, berfoto yang dengan ikan besar yang ada di sana. Seperti ikan cakalang atau ikan tongkol.

TPI Lappa Sinjai Jual Ikan Wisata Hits di SInjai
TPI Lappa – Photo by @ronaldwp7766

Dan uniknya di lokasi ini tersedia banyak rumah makan. Pengunjung bisa membeli ikan segar dari nelayan untuk di masak oleh koki di rumah makan di area TPI Lappa tersebut.

Lokasi: TPI Lappa terletak di Lappa, Kecamatan Sinjai Utara. Jarak menuju lokasi sekitar 3 km dari pusat Kota Sinjai.

#5 BAMBOO VILLAGE TANASSANG

Bagi wisatawan yang suka jalan-jalan sambil foto-foto dengan panorama alam, maka spot wisata Bamboo Village Tanassang sangat cocok buat kalian.

Tempat wisata ini diberi nama Kampung Bambu, karena beberapa ornamen bangunan yang ada di tempat ini umumnya terbuat dari bambu.

Cewek cantik HIjab Manis Gamis Lebar di Wisata Sinjai Bukit Tanassang
Bukit Tanassang – Photo by @tiizhasyam

Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang luas, terlihat pula Kota Sinjai dari ketinggian,keindahan Laut, pesona Pulau Sembilan, Sun Rise, serta spot lainnya yang wajib diabadikan dengan kamera.

Lokasi: Bamboo Village Tanassang terletak di depan Kantor Bupati Sinjai, di Lingk. Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kec. Sinjai Utara, Sinjai. 

#6 BENDUNGAN PLTA MANIPI

Bagi travelers yang suka dengan tempat sejuk nan eksotis, maka Bendungan PLTA Manipi bisa dijadikan salah satu alternatif.

Tempat wisata ini berada di dataran tinggi Sinjai. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Malino, Kabupaten Gowa. Asal kalian tahu, tempat ini memiliki suhu yang hampir sama dengan Malino.

Cewek manis JIlbab dan seksi di Bendungan Wisata Manipi SInjai
Benundgan PLTA Manipi – Photo by @ikha228

Di daerah ini sendiri merupakan pusat dikembangkannya sayur mayur. Seperti kol, wortel dan sejumlah jenis sayur lainnya. Masyarakat Sinjai menyebut tempat ini sebagai sebagai kota agrowisata.

Lokasi: Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat. Jarak menuju lokasi sekitar 60 kilometer dari Ibu kota Sinjai.

#7 MANGROVE TONGKE-TONGKE

Di tempat wisata mangrove, wisatawan bisa dengan sepuasnya mengitari hutan. Berdasarkan informasi Pemda setempat hutan bakau tersebut luasnya berkisar 173,5 hektare. Pengunjung bisa berkeliling dengan melewati jalan setapak yang terbuat dari kayu.

Hutan Mangrove Tongke Tongke di Sinjai Wisata Hit dan Huting foto keren
Hutan Mangrove Tongke – Tongke – Photo by @friskaums

Nah, jika wisatawan sedang lapar atau haus tak perlu khawatir yah. Karena di tempat ini tersedia kafe terapung yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

Untuk masuk di lokasi wisata Mangrove Tongke-Tongke, wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu per orang.

Lokasi: Hutan Mangrove Tongke-Tongke terletak di Kecamatan Sinjai Timur. Jarak menuju lokasi sekitar 7 km dari pusat kota Sinjai. Hanya dibutuhkan 15 menit untuk sampai di lokasi.

#8 DERMAGA SETIA

Bagi travelers yang suka berenang, Dermaga Setia bisa dijadikan pilihan jika berkunjung ke Sinjai. Selain airnya jernih, tempat wisata ini juga selalu ramai pada sore hari.

Dermaga setia sendiri merupakan pelabuhan kuno. Dan lebih dikenal dengan pelabuhan Lappa. Di sini, wisata bisa menyaksikan langsung sunset dan melepas penat.

Dermaga Setia Sinja Wisata Hit Kota uda Sinjai
Dermaga Setia

Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto dan melihat pemandangan Pulau Sembilan. Dari kejauhan tampak Gunung Bawa Karaeng dan Lompo Battang.

Lokasi: Dermaga Setia terletak di Jl. Setia, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai utara.

#9 PULAU BURUNGLOE

Buat wisatawan yang senang berkunjung ke pulau, maka tempat wisata ini wajib kalian datangi. Apalagi terdapat spot tuk foto dengan background sunset.

Dan yang unik dari Pulau ini yakni, terdapat 7 (tujuh) sumur sumber mata air yang mengelilingi pulau. Saat air pasang, tujuh sumur tersebut akan tertutup oleh air laut, namun saat surut, sumur akan tampak kembali. Dan anehnya, air sumur tetap tawar.

Pulau Burung Loe Sinjai Air Laut biru keren dan indah wisaa Sinjai
Pulau Burung Loe – Photo by @de.wa

Dan mitos yang berkembang di masyarakat setempat, mengatakan bahwa jika ingin cepat mendapatkan jodoh, maka mandilah di sumur tersebut.

Lokasi: Kepulaun Burungloe terletak di Desa Buhung Pitue, Kecamatan Pulau Sembilan. Jaraknya tempuh untuk menuju lokasi sekitar 20 menit jika menggunakan speedboat. Jika menggunakan perahu, bisa mencapai satu jam via Pelabuhan Lappa Ujung Sinjai.

#10 PULAU BINTANG

Cewek Igo pakai Celana ketat di Pantai Seksi dan hot manis wi Wisata
Pulau Bintang – Photo by @febyoung

Lokasi: Kepulaun Bintang, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

#11 PULAU BATANGLAMPE

Objek wisata yang satu masih termasuk wilayah Pulau Sembilan. Kawasan ini masih terjaga dengan baik, karena merupakan obyek wisata bahari.

Pulau Batang Lampe kumpulan Pulau Sembilan di Sinjai cewek baju ketat di atas perahu
Pulau Batang Lampe

Teripang, merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan di Pulau Batang Lampe dengan lahan budidaya sekitar 186 hektare dengan produksi rata-rata 48,8 ton pertahunnya.

Lokasi: Kepulaun Batanglampe terletak di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

#12 PULAU KANALO

Tempat wisata ini sebenarnya terdiri dari dua pulau, yakni Pulau Kanalo I dan II. Serunya, Kanalo I dan Kanalo II dapat dikunjungi wisatawan dengan mudah. Sebab keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu.

Photo Cewek Cantik dan manis di Pinggir pantai
Pulau Kanalo – Photo by @linda93ar

Panjang jembatan tersebut sekitar 500 meter dan lebar sekitar 3 meter. Tempat wisata alam andalan di Sinjai ini sangat ramai pada akhir pekan dan pada hari libur tertentu. Banyak pula wisatawan dari luar daerah yang sering datang ke tempat ini.

Lokasi: Pulau Kanalo terletak di Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

#13 PULAU LAREA-REA

Larea-rea adalah tempat wisata yang masih berada di kawasan pulau sembilan. Namun hanya pulau ini saja tidak berpenghuni. Meskipun tidak berpenghuni, tapi Pulau Larea-rea tetap saja mempesona.

Buktinya, setiap akhir pekan banyak wisatawan yang datang untuk berendam. Berenang, bermain dengan pasir putihnya, dan juga foto selfie.

Cewek HIjab Manis selfie di Pasir Putih Pantai Pulau Larea rea Sinjai
Pulau Lare-rea – Photo by @ardinebo

Jika travelers ingin berkunjung ke pulau ini bisa melalui pelabuhan ujung, Kel. Lappa. Di sana tersedia perahu yang bisa disewa. Tarifnya sekitar Rp 200 – Rp400 ribu. Waktu tempuh sekitar 1 jam untuk perahu. Sementara jika memakai speed boat hanya butuh waktu sekitar 15 menit saja. Penasaran?

Lokasi: Kepulaun Larea-rea, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

#14 PULAU LIANG-LIANG

Pulau satu ini mungkin tidak begitu akrab di telinga para travelers, akan tetapi Pulau Liang-liang memiliki sejuta pesona yang pasti tidak akan ditemui wisatawan di pulau lain.

Pulau Liang Liang Pantai Karang indah cantik manis
Pulau Liang-Liang – Photo by @langkahcantik

Di tempat wisata ini, terdapat begitu banyak terumbu karang yang sangat beragam. Karang tersebut berada di kedalaman 2 – 6 meter di bawah laut. Adapun jenis karang yang bisa dijumpai di objek wisata ini mulai dari karang Acropora atau pun non Acropora.

Lokasi: Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

#15 AIR TERJUN PUSSANTI

Travelers yang suka dengan nuansa alam dan gemerik air yang jatuh dari ketinggian, maka tempat wisata Air Terjun Pussanti sangat direkomendasikan buat kalian.

Air terjun Pussanti sendiri berada di kaki Gunung Bawakaraeng. Dengan puncak ketinggian sekitar 750 m dpl.

Lokasi:Air Terjun Pussanti terletak di Dusun Pussanti, Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat. Jarak tempuh menuju lokasi kurang lebih 55 km dari pusat kota Sinjai melalui jalur Sinjai – Malino.

#16 AIR TERJUN BARANIA

Di tempat wisata ini dahulu konon hidup seorang wanita bernama Baranai. Meskipun seorang wanita, namun ia disebut sebagai salah satu pejuang yang berani melawan penjajah.

Di sekitar pusaran air terjun ini terdapat beberapa benda peninggalan penjajah Belanda. Selain itu, terdapat pula sebuah gua. Di dalam gua terdapat emas dan benda-benda bersejarah lainnya. Namun sayangnya, warga dilarang masuk dalam gua tersebut.

Air Terjun Tersembunyi di Sinjai Air Terjun Barania
Air Terjun Barania – Photo by @ochyyyy

Lokasi: Air Terjun Barania terletak di Sinjai Barat. Untuk menikmati suguhan alam dari lokasi wisata ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 60 km dari kota Sinjai.

#17 AIR TERJUN LEMBANG SAUKANG

Jika wisatawan bertanya, air terjun apa yang paling indah di Sinjai? Maka jawabannya yakni Air Terjun Lembang Saukang. Alasannya, karena air terjun ini bertingkat tujuh. Makanya, sebagian warga menyebutnya dengan Air Terjun 7 Tingkat.

Air Terjun ini sangatlah cantik. Sebab airnya yang jatuh ke sungai lebih dulu jatuh ke tangga batu alami. Sehingga,percikan airnya tampak lebih mempesona. Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, dijamin akan betah.

Cewek cantik dan mani spakai Jilbab seksi dan manis
Air Terjun Lembang Saukang – Photo by @dhilaa.n

Lokasi: Air Terjun Lembang Saukang terletak di Desa Suka Maju, Kecamatan Sinjai Tellu Kimpoe. Untuk menuju lokasi dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari Kota Sinjai.

#18 AIR TERJUN PINCUNI

Wisatawan yang ingin melanjutkan petualangannya dengan nuansa air terjun, maka air terjun Pincuni adalah salah satu destinasi wisata di Sinjai yang tak boleh disia-siakan.

Karena, boleh di bilang air terjun ini merupakan salah satu objek wisata terbaik di Sinjai barat. Selain nyaman, panorama alam disekitarnya juga tampak masih alami.

Tapi buat pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata ini harus mempersiapkan keperluan dan hal penting lainnya yah. Soalnya, di tempat ini belum ada tenda-tenda untuk istirahat atau ganti pakaian.

Air tErjun Pincuni Wisata Sinjai alam yang indah ceek cant
Air Terjun Pincuni – Photo By @roel.jpg

Lokasi: Air Terjun Pincuni terletak di Jln Balakia Kidang Kidang, Kecamatan Sinjai Barat, Sinjai. Jalan menuju lokasi air terjun ini cukup plus kok, jadi nggak perlu khawatir yah guys.

#19 AIR TERJUN KEMBAR BARAMBANG

Belum puas dengan wisata air? Coba aja kunjungi objek wisata yang satu ini. Air terjun yang berdampingan ini disebut oleh warga sebagai air terjun kembar. Pasalnya, keduanya memiliki ukuran yang terbilang sama.

Ketinggiannya mencapai 40 – 50 meter. Dengan ketebalan air sekitar 3 meter.

Air Terjun Barambang Cewek cantik dan manis
Air Terjun Barambang – Photo by @na_ersa

Tiket Masuk: Setiap pengunjung yang ingin masuk di kawasan wisata ini mesti merogoh kocek hanya Rp 2.500 saja kok. Jadi nggak mahal-mahal banget kan.

Lokasi: Air Terjun Kembar Barambang terletak di Batu Belerang, Sinjai Borong,Sinjai.

#20 AIR TERJUN LALIAKO

Belum beranjak dan masih betah di Sinjai? Coba kunjungi air terjun Laliako juga yah. Travelers yang nggak datang ke tempat wisata ini dipastikan bakal rugi deh. Soalnya, air terjun ini merupakan primadona lho buat wisatawan lokal.

Selain indah, air terjun Laliako cukup besar dibanding yang lain. Kawasannya juga juga cukup luas. Sehingga pengunjung bisa dengan leluasa berenang dengan airnya jernih.

Air Terjun Laliako Wisata Sinjai paling dan manis
Air Terjun Laliako – Phot by @iyfamusdalifah

Jalan menuju air terjun cukup menantang. Tapi serunya, wisatawan aka dihipnotis dengan alam pegunungan dan kalian akan melewati jembatan gantung juga lho. Jadi cocok banget dijadikan salah satu spot foto.

Lokasi: Air Terjun Laliako terletak di Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat. Jarak menuju lokasi sekitar 60 kilometer dari Ibukota Sinjai.

#21 BUKIT TAMAN HUTAN RAYA

Buat travelers yang hobby fotografi dengan nuansa alam hijau nan luas, maka di objek wisata Tahura inilah tempatnya.

Kenapa Tahura Sinjai ini begitu eksotik dan membuat pengunjung ingin berlama-lama? Soalnya objek wisata ini tepat berada di antara dua lereng gunung favorit buat para pendaki, yakni Gunung Lompobottang dan Bawakaraeng.

Luas wilayah Tahura mencapai 720 hektar. Selain hutan yang hijau, ada juga taman bunga, danau, agro wisata, sampai bukit yang asri. Travelers pada penasaran kan? Yuk datang aja langsung guys.

Taman HUtan Raya Cewek IGO hijab Sinai
Taman Hutan Kebun Raya – Photo by @andikurniawahyuningsih019

Lokasi: Antara Gunung Lompobottang dan Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

#22 BUKIT PELANGI

Tempat satu ini sangat cocok buat wisatawan yang suka dengan nuansa langit malam dan lampu-lampu dari kejauhan.

Suasana dan pemandangan kota Sinjai di malam hari dapat dipotret dengan indah di lokasi ini lho guys. Kilauan cahaya lampu-lampu kota Sinjai bakal membuat kalian tak ingin beranjak dari tempat ini.

Cewek cantik dan manis foto di Taman Bukit pleangidi Sinjai
Taman Bukit Pelangi – Photo by @nunuwkasyafani

Lokasi: Biringere, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulsel.

#23 BUKIT VANDIAM

Tempat wisata di Sinjai Timur bukan hanya Hutan Mangrove Tongke-Tongke saja guys. Tapi bukit Vandiam tidak indah lho. Objek wisata yang terbilang baru ini sudah dikenal dan selalu ramai oleh pengunjung.

Uniknya, setiap pengunjung tidak dikenakan biaya lho jika datang ke tempat ini. Beruntung banget kan? Apalagi travelers bakal dimanjakan oleh panorama alam, suasana tenang dan hawa yang sangat sejuk.

Bukit Vandiam Cewek manis Pakai HIjab Ketat di SInjai
Bukit Vandiam – Photo by @nurlailfitriani

Setiap pengunjung yang tiba di lokasi akan langsung disambut dengan kalimat “Welcome to Vandiam”.

Lokasi: Bukit Vandiam terletak di Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Sulsel. Jarak menuju lokasi hanya 10 km dari kota Sinjai. Dekat banget kan?

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yah travelers!!!