Kembali Menu Beranda
Bitter
Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL): Panduan bagi Kamu Pemula

Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL): Panduan bagi Kamu Pemula

Sport
Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL): Panduan bagi Kamu Pemula

Gema.id –  Ingin menjadi manajer Fantasy Premier League tetapi tidak tahu bagaimana caranya? Kami akan coba membantumu.

Sebanyak 7,6 juta manajer mengelola tim mereka pada musim lalu, dan angka tersebut memecahkan rekor dan jika kamu ingin bergabung dengan mereka pada 2020/2021, bersiaplah kami pandu.

Berikut adalah semua yang perlu kamu ketahui tentang FPL sebelum musim ini dimulai yang akan berlangsung pada 12 September.

Paling awal tentu saja kamu harus memiliki akses ke Fantasy Premier League, kamu bisa mengaksesnya langsung ke https://fantasy.premierleague.com atau kamu juga bisa memasang aplikasinya yang bisa didapatkan di App Store dan PlayStore.

Membuat Akun

Jika kalian baru pertama kali memainkan FPL, maka terlebih dahulu buatlah akun dengan mengisi  beberapa hal mengenai:

*Personal  Details

Di sini kamu akan dimintai untuk memasukkan nama lengkap, email, password, jenis kelamin, tanggal lahir, negara asal dan nomor ponsel yang aktif.

*Your Favorites

Kamu dimintai untuk memilih klub favoritmu di Liga Premier Inggris, silakan pilih satu, jika kamu adalah penggemar Leeds United maka jadikan tim tersebut sebagai pilihan, nantinya kamu akan selalu mendapatkan informasi terkini dari klub tersebut.

Jika susah menentukan pilihan, kamu bisa memilih General PL Fan, apa itu? Informasi yang kamu dapatkan bukan hanya dari klub tertentu saja, tapi semua tim yang berlaga di liga, kamu akan mendapatkan informasi terkini dari mereka.

*Email Preferences

Setelah kamu memasukkan alamat email yang kamu daftarkan di Personal Details, maka kamu akan mendapatkan informasi dari berbagai mitra kerja sama yang dilakukan Liga Inggris, kamu bisa memilih di antaranya Barclays, Coca-cola, Nike, EA Sport dan sponsor lainnya.

Membangun Tim

Setelah kamu terdaftar dan terkonfirmasi melalui email, manajer FPL memiliki anggaran sebesar £100,0 juta untuk dibelanjakan pada skuad awal yang terdiri dari 15 pemain.

Sebuah skuad terdiri dari dua penjaga gawang, lima bek, lima gelandang dan tiga penyerang.

Maksimal tiga pemain dapat dipilih dari satu klub Premier League.

Memilih tim dan formasi

Manajer harus memilih starting eleven dari skuad yang berjumlah 15 pemain sebelum memasuki gameweek. Artinya, kamu harus mengelola tim kamu sebelum semua tim bertanding.

Formasi apapun dapat dipilih selama susunan pemain termasuk satu penjaga gawang, setidaknya tiga pemain bertahan, setidaknya dua gelandang dan setidaknya satu penyerang.

Batasa waktu menyusun pemain (deadline) adalah satu jam sebelum waktu kick-off pertandingan, gameweek.

Perhitungan poin

Poin diberikan kepada pemain untuk gol, assist, penyelamatan dan clean sheet.

Pemain juga bisa mendapatkan bonus poin tambahan jika mereka termasuk di antara pemain terbaik di Bonus Point System (BPS) dalam satu pertandingan.

Poin tim untuk setiap pekan pertandingan akan dicetak oleh 11 pemain yang mengisi posisi starter.

Tetapi jika pemain starter tidak tampil untuk klubnya, poin yang dicetak oleh pemain diambil dari pemain di bangku cadangan, secara otomatis akan dihitung.

Proses yang sama terjadi jika dua atau tiga pemain starter gagal tampil untuk tim mereka.

Oleh karena itu, manajer harus memberikan peringkat pengganti mereka dalam urutan preferensi, untuk memastikan bahwa pemain cadangan pilihan mereka memiliki peluang besar untuk menjadi starter.

Manajer harus memilih kapten dan wakil kapten (vice captain) di setiap pekan pertandingan pada starting eleven.

Skor kapten digandakan, tetapi jika kapten yang dipilih tidak bermain pada pekan tersebut maka skor wakil kapten (vice captain) yang digandakan.

Liga

Setelah memasukkan pasukan ke dalam permainan, kamu sebagai manajer dapat bergabung dan membuat liga untuk bersaing dengan teman-temanmu di liga pribadi (private) atau bersaing dengan orang lain di seluruh dunia (public) .

Liga pribadi adalah tempat kamu bersaing dengan teman-temanmu. Buat saja liga, lalu kirimkan kode unik agar teman kalian dapat bergabung.

Anda dapat bersaing hingga 20 liga pribadi. Tidak ada batasan jumlah tim dalam satu liga.

Sementara manajer dapat bersaing hingga tiga liga publik.

Melakukan transfer

Manajer diberikan satu transfer gratis untuk setiap gameweek.

Manajer merekrut pemain sesuai dengan anggaran yang tersedia saat melakukan transfer, 15 peman tersedia dapat ditransfer.

Jika manajer ingin melakukan transfer tambahan dalam satu pertandingan mereka kehilangan empat poin untuk masing-masing transfer.

Jika manajer tidak menggunakan transfer gratis, mereka dapat meneruskannya, artinya kamu memiliki dua transfer gratis untuk pertandingan pekan berikutnya.

Namun, tidak dapat mengumpulkan lebih dari dua transfer gratis.

Harga Pemain

Harga pemain berubah selama musim berjalan tergantung pada popularitas mereka di antara semua manajer dalam permainan.

Misalnya, seorang pemain yang mulai dari harag £ 7,0 juta dan ditransfer ke sejumlah tim secara bertahap dapat naik menjadi £ 7,5 juta atau bahkan lebih tinggi.

Manajer yang memiki pemain saat harganya naik akan mendapat keuntungan jika mereka menjualnya  dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, mereka harus membayar biaya jual 50 persen, dibulatkan ke 0,1 juta terdekat.

Jadi dalam contoh pemain di atas telah meningkat dari £ 7,0 juta menjadi £ 7,5 juta, manajer akan menerima £ 7,2 juta saat mentransfernya.

Chips

Ada lima chip untuk dimainkan sepanjang musim yang dapat meningkatkan total poin dalam satu pekan pertandingan.

Wildcard – Perombakan total tim, tanpa kehilangan poin (dua kali dalam satu musim),

Triple Captain – Dapatkan tiga kali lipat total poin untuk kapten pilihanmu.

Bench Boost – Dapatkan poin dari semua pemain pengganti yang tidak masuk ke dalam starting eleven saat bermain.

Free Hit – Setel ulang timmu selama satu gameweek dan kembali seperti di awal sebelum chip diaktifkan

Wildcard adalah chip yang paling mewah yang memungkinkan para manajer untuk melakukan transfer dalam jumlah berapa pun dalam satu gameweek secara gratis.

Pada dasarnya ini memberikan kesempatan untuk melakukan perubahan besar-besaran ke seluruh skuad yang terdiri dari 15 orang.

Satu wildcard tersedia untuk setiap paruh musim.

Perlu dicatat bahwa hanya satu chip yang dapat dimainkan dalam satu minggu pertandingan.

Tunggu apalagi mari bermain Fantasy Premier League, mengasah skill manajerial kamu untuk menjadi yang terbaik,  beberapa hadiah juga bisa kamu dapatkan di akhir musim atau setiap pekannya, atau juga setiap bulan tergantung liga yang kamu ikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *