Kembali Menu Beranda
Bitter
Ini 10 Makanan yang Baik Anda Konsumsi untuk Mendapatkan Kulit Bersih dan Bebas Jerawat

Ini 10 Makanan yang Baik Anda Konsumsi untuk Mendapatkan Kulit Bersih dan Bebas Jerawat

Ini 10 Makanan yang Baik Anda Konsumsi untuk Mendapatkan Kulit Bersih dan Bebas Jerawat

Gema – Makanan ternyata memberi pengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Karena itu, anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang halus, lembab dan berseri.

Namun, beberapa makanan juga dapat memberi pengaruh terhadap kesehatan kulit. Untuk itu, anda perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang baik untuk kulit ataupun makanan yang memberi pengaruh buruk untuk kulit.  

Nah, apa sajakah makanan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut beberapa makanan yang disarankan oleh para ahli untuk mencegah jerawat, peradangan, dan kulit kusam.

1.Blueberry
Blueberry termasuk makanan yang kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat untuk kulit. Karena itu, anda perlu mengonsumsi buah ini. Buah ini bisa dicampurkan dibeberapa makanan seperti sereal, yoghurt dan oatmeal.  

2. Alpukat
Alpukat juga termasuk buah yang sangat sehat dan bermanfaat untuk kulit. Alpukat dapat menghidrasi kulit. Selain dikonsumsi, alpukat ini juga dapat dijadikan masker wajah.  

3. Beras merah dan kacang
Beras merah dan kacang sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Kedua bahan makanan ini dapat mencegah munculnya jerawat. Beras merah juga dapat mencegah terjadinya peradangan. Selain itu, beras merah juga dikenal sebagai makanan yang sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet.

Biji-bijian juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan. Untuk itu, anda bisa memasukkan kedua bahan makanan ini ke menu makanan anda sehari-hari.

4. Biji labu
Ternyata biji labu dapat dijadikan cemilan. Bukan hanya sekedar cemilan biasa, biji labu ini termasuk cemilan yang dapat mengatasi masalah jerawat. Seorang ahli gizi, Elizabeth Stein mengatakan bahwa biji kabu ini dapat mengurangi efek dari jerawat dan juga dapat menyembuhkan jerawat. Biji labu diolah dengan cara dipanggang kemudian dijadikan cemilan sehat. 

5. Kembang kol
Kembang kol ini memiliki kandungan mineral berupa sulfut yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kembang kol dapat membersihkan kulit dan mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori.

Sulfur ini termasuk mineral yang dapat mensintesis kolagen. Karena itu sulfur sangat baik untuk kulit. Sulfur inilah yang terkandung di dalam kembang kol. Selain di kembang kol, sulfur jug terkandung di brokoli, dan bayam. 

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Minyak ini memiliki asam lemak yang baik untuk kulit. Asam lemak ini dapat menjaga cairan membran sel. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan polifenol yang dapat membantu kulit Anda tampak awet muda.

7. Salmon

Asam lemak omega 3 pada ikan salmon tidak hanya baik untuk jantung, namun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Setidaknya usahakan mengonsumsi setiap dua kali dalam seminggu.

8. Tahu

Tahu ternyata makanan yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen ini dapat menjaga keremajaan kulit, karena tahu mengandung isoflavone. Sebuah penelitian yang terbit di The Journal of the American College of Nutrition, menemukan bahwa tahu dapat menangkal paparan sinar matahari dan mengurangi kerutan pada kulit.  Peneliti percaya bahwa isoflavone membantu mencegah kekurangan produksi kolagen.

9. Jagung

Jagung merupakan sumber lutein. Lutein ini sejenis zat carotenoid yang dapat menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

10. Tuna

Tak hanya salmon, tuna juga merupakan makanan yang baik untuk kulit. Tuna ini memiliki kandungan omega-3 yang mencegah terjadinya kanker kulit. Selain itu, tuna juga dapat membantu produksi kolagen dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Itulah beberapa makanan yang baik anda konsumsi untuk mendapatkan kulit yang cantik dan bebas jerawat.