Kembali Menu Beranda
Bitter
Komitmen Idham Azis Calon Kapolri Baru dalam Penyelesain Kasus Novel Baswedan

Komitmen Idham Azis Calon Kapolri Baru dalam Penyelesain Kasus Novel Baswedan

Komitmen Idham Azis Calon Kapolri Baru dalam Penyelesain Kasus Novel Baswedan

Gema.id – Pekerjaan berat menanti Kapolri Komjen Idham Azis saat saat mengemban jabatan tersebut menggantikan Tito Karnavian nanti, salah satunya adalah penyelesain kasus penyiraman air keras Novel Baswedan, senior Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) yang kasusnya telah setahun bergulir namun belum tuntas.

Sorotan dirinya pada kasus tersebut membuat Idham Azis berjanji akan segera menuntaskannya saat di masa jabatannya. Hal yang akan dilakukan pertama adalah menunjuk Kabareskrim baru untuk menanganinya.

“Setelah [pelantikan] saya akan menunjuk Kabareskrim baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel Baswedan,” kata Idham di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Idham Azis sendiri saat kasus ini bergulir tahun lalu, Ia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Hingga dirinya diangkat  sebagai kepala Bareskrim Polri pada Januari 2019 lalu kasus ini belum juga tuntas.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengungkapkan pihak dari Polri sendiri tidak mendiami kasus ini dan terus bekerja, hingga saat ini menurut Iqbal sudah ada beberap hal-hal signifikan yang ditemukan untuk menyelesaikan kasus yang berlarut-larut lama.

Nama Komjen Idham Azis menjadi calon tunggal Kapolri setelah  namanya disetorkan Presiden Joko Widodo ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelahnya, Komjen Idham langsung mengikuti uji kalayakan dan kapetutan (Fit and proper test) calon Kapolri di ruang komisi III DPR RI pada Rabu 30 Oktober kemarin.

Pelantikan Idham Aziz sendiri akan dilanksanakan besok, Jumat 1 November 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya berjanji untuk memberikan pengabdian yang terbaik bagi institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.