Kembali Menu
Gema.id
Portal SSCN BKN Lamban, Ini Tips dari BKN untuk Memudahkan Saat Mendaftar

Portal SSCN BKN Lamban, Ini Tips dari BKN untuk Memudahkan Saat Mendaftar

Portal SSCN BKN Lamban, Ini Tips dari BKN untuk Memudahkan Saat Mendaftar

Gema – Hari ini, pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2018 sudah dapat dilakukan. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi dari BKN yaitu sscn.bkn.go.id.

Hanya saja saat situs mulai dibuka, beberapa pelamar masih kesulitan mengakses situs tersebut. 

Mohammda Ridwam selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, memberi beberapa tips yang dapat memudahkan pelamar dalam melakukan pendaftaran.

Ridwan mengatakan bahwa situs sscn.bkn.go.id sulit diakses disebabkan karena banyaknya pelamar yang membuka situs tersebut secara bersamaan. 

Untuk itu, Ridwan memberi tips agar pelamar memastikan jaringan internet stabil sebelum mendaftar. 

“Memang ini load-nya dinamik. Banyak yang berlomba-lomba mengakses.  Sistem online memang selalu begitu. Cukup pastikan koneksi internet Anda stabil dan gunakan laptop,” kata Ridwan.

Ridwan menambahkan bahwa ia telah mencoba mengakses dini hari tadi namun tidak menemukan kendala. 

Ridwan juga memberi saran bahwa jangan mengakses saat trafficnya sedang tinggi. Pada traffic tidak tinggi, situs resmi tersebut mudah diakses. 

Ridwan mengatakan hal tersebut karena mengacu pada pendaftaran CPNS tahun lalu. ]

“Kemarin 19 September akses yang cepat itu pada jam setengah 5, jika dilihat dari traffic kami. Kebanyakan orang yang mengakses pada pukul 12.00 sampai 15.00. Setelah itu mereka menyerah, karena itu pada jam setengah 5 hingga ham 7 situs menjadi mudah diakses,” kata Ridwan.

Ridwan juga mengatakan bahwa pendaftaran tahun ini infrastruktur jaringannya telah diperbaiki. Hal tersebut bertujuan agar situs mudah diakses oleh banyak pelamar. 

“Kini sudah ada perbaikan infrastruktur, peningkatan bandwitch juga ada, kemudian mekanisme banyaknya visual mesin server juga bertambah dengan kapasitas yang kami prediksi 6-10 juta pelamar,” ujar Ridwan.

Kuota Pembuatan Akun Dibatasi Perhari

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membatasi kuota pembuatan akun SSCN yang akan digunakan untuk mendaftar sebanyak sebanyak 2 juta setiap harinya.

“Server Dukcpil memperbolehkan situs  SSCN mengakses 2 juta NIK setiap hari untuk membuat akun, kata Mohammad Ridwan selaku Kabiro Humas BKN.

Awalnya, BKN hanya membuka satu juta kuota untuk membuta akun SSCN.

“Siang tadi, ada kesepakatan yang berisi penambahan jumlah akses ke data kependudukan menjadi 2 juta setiap hati. Selain itu juga ada peningkatan  bandwitch,” ungkap Ridwan.

Ridwan berharap kuota yang disediakan dapat memenuhi kebutuhan pelamar.