Kembali Menu
Gema.id Riau
Bupati Siak: Sosialisasikan Bahaya Narkoba HUT Pramuka ke 58

Bupati Siak: Sosialisasikan Bahaya Narkoba HUT Pramuka ke 58

Bupati Siak: Sosialisasikan Bahaya Narkoba HUT Pramuka ke 58

Gema.id Siak Sri Indrapura – Efek negatif narkoba yang telah banyak merenggut masa depan generasi muda Riau menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Siak.

Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi tak pernah bosan untuk mengingatkan generasi muda Siak agar tidak terjerumus dalm penggunaan narkoba.

“Penting dilakukan sosialisasi kepada generasi muda tentang ancaman serius narkoba ini, agar generasi muda di Siak dapat sedini mungkin menghindari barang haram tersebut,” tutur Alfedri didepan ratusan pelajar SMAN 2 Sungai Apit, sempena dalam kegiatan Penyuluhan Bahaya Narkoba Untuk Anak Usia Sekolah.

Baca juga:  Wujudkan Visi Misi Riau 2019-2024, Gubri Laksanakan Penghijauan Lingkungan

Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Laboraturium SMAN 2 Sungai Apit pada Rabu (14/8/2019).

Drs H Alfedri MSi  memeparkan mengenai apa itu narkoba dan dampak kerugiannya ketika telah terjerumus.

Orang nomor satu Kabupaten Siak menyebut bahwa pada saat ini penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda kian meningkat.

“Bahaya paling nyata adalah merusak kesehatan dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti kerusakan saraf, daya tahan tubuh menjadi rapuh karena digerogoti zat adiktif penghancur syaraf. Yang akhirnya mengakibatkan seseorang pencandu narkoba tidak dapat berpikir jernih, bahkan lebih fatal menyebabkan kematian,” ujar Alfedri.

Baca juga:  Polres Kampar Musnahkan 4,46 Kg Sabu, Pelaku Terancam Dihukum Mati

Supaya hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, kata Bupati maka diperlukan pengawasan yang ketat oleh semua pihak baik dari orang tua, pihak sekolah dan keluarga bahkan lingkungan masyarakat sekitar.

Selain itu kata Afendi, pada masa sekarang ini penyebaran narkoba sudah memvirusi hingga di daerah yang susah dijangkau, dan juga sekolah dengan sasaran pelajar.

“Negara kita sudah darurat narkoba,vuntuk itu jauhi narkoba. Apa lagi di daerah kita ini hamper diseluruh kampung sudah masuk peredaran narkoba,” tutur Alfedri.

Baca juga: Antisipasi Makar di Pilkades Serentak, Pemda Meranti Gelar Deklarasi Damai 2019

Bahaya lain dari penggunaan obat terlarang menurut dia, juga akan berdampak pada meluasnya virus HIV dan AIDS dari jarum suntik serta pergaulan bebas.

Oleh sebab itu, ia juga menamahkan agar para siswa selalu menjaga menjaga diri dari pengaruh buruk pergaulan agar tidak masuk kepada hal-hal yang tidak baik.

“Kami hadir disini karena sayang kalian semua, jangan sampai kalian ikut-ikutan menyalahgunakan narkoba, sebab bahayanya merusak generasi bangsa,” tutup Bupati Siak.

Baca juga:  Jalan Lingkar Duri Barat Bengkalis Masih Terkatung-katung, Pemerintah Pusat Belum Berikan Izin

Pada acara tersebut, Bupati bersama Kadis Kesehatan dan Camat Sungai Apit turut memerikan bantuan kursi roda, alat bantu dengar, alat bantu berjalan bagi penyandang disabilitas, serta buku tabungan dan kartu ATM untuk lansia yang disumangkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Siak.

Jangan lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *