Bitter
SEA Games 2019 Rampung, Indonesia Di Posisi Keempat Klasemen Akhir

SEA Games 2019 Rampung, Indonesia Di Posisi Keempat Klasemen Akhir

Sport
SEA Games 2019 Rampung, Indonesia Di Posisi Keempat Klasemen Akhir

Gema.id – Perhelatan SEA Games Filipina 2019 telah rampung dan menyelesaikan semua cabang olahraga yang diperlombakan. Tuan rumah Filipina berhasil keluar sebagai juara umum dengan bertengger di posisi teratas dengan perolehan medali emas terbanyak.

Filipina berhasil mengumpulkan 387 medali, dengan rincian koleks 149 emas,  117 medali perak dan, 121 medali perunggu. Di belakang Filipian bercokol Vietnam di posisi kedua dengan torehan medali 228 (98 emas, 85 perak dan 105 perunggu)  dan ketiga ada negara Gajah Putih Thailand dengan total medali 318 (92 emas, 103 perak, dan 123 perunggu).

Indonesia sendiri berada di bawah ketiga negara di atas, posisi keempat menjadi pencapaian Indonesia pada SEA Games kali ini. Total Indonesia mengumpulkan 267 media dari semua cabor yang diperlombakan, kontigen Indonesia berhasil mengumpulkan 72 emas, 84 perak dan, 111 perunggu.

Cabor sepak bola sendiri gagal meraih emas, seusai Indonesia tumbang 0-3 dari Vietnam di laga pamungkas dan harus menerima perak dari cabor tersebut.

Negeri Jiran Malaysia berada di bawah Indonesia, berada diposis kelima di klasemen akhir SEA Games, dengan mengumpulkan 267 medali (55 emas, 46 perak dan 71 perunggu).

SEA Games Filipina Dinilai Kacau

#SEAGames2019fail sempat viral di dunia maya lantaran Filipina selaku penyelenggara even akbar olahraga se Asia Tenggara ini dinilai gagal mematangkan persiapan sebelum pergelaran dimulai.

Sederet gelombang protes berdatangan dari atlet yang akan berlaga, mereka mengeluhkan masalah transportasi, akomodasi dan makanan yang mereka temui di sana.

Peserta menilai penyelenggara belum siap secara penuh memfasilitasi peserta yang datang dari berbagai negara di Asia Tenggara. Di antaranya pengerjaan restorasi arena bersejarah belum selesai,  tidak ada papan skor di babak kualifikasi pertandingan sepak bola di Stadion Rizal Memoria dan toilet luar ruangan kurang cukup.

Hal ini membuat Presiden Filipina Rodrigo Duterte marah dengan banyak masalah yang dikeluhkan para atlet kepada penyelenggara.

“Presiden tidak merasa senang dengan apa yang ia dengar mengenai kabar kesemrawutan, beberapa penundaan, dan dugaan-dugaan para atlet tidak diberi makan secara layak, keterlambatan atlet yang terlambat diantar ke acara maupun ke asrama. Beliau tidak senang,” ujar Salvador Panelo, seperti dikutip ABS, Rabu (12/12/2019).

Kabar korupsi juga menyelimuti pada perhelatan ini, sehingga berbagai perencanaan awal tidak rampung dan akan menyelidiki hal tersebut ketika SEA Games selesai.

SEA Games Filipina 2019 berlangsung dari 30 November 2019 hingga 11 Desember 2019 dan menempatkan tuan rumah sebagai juara umum.