Kembali Menu
Gema.id
Siapa Abu Ikhwan Aziz – Penyebar Meme Kue Klepon Tidak Islami

Siapa Abu Ikhwan Aziz – Penyebar Meme Kue Klepon Tidak Islami

Siapa Abu Ikhwan Aziz – Penyebar Meme Kue Klepon Tidak Islami

Gema.ID – Dalam 24 Jam terakhir pada Selasa (21/7/2020) Feed dunia maya khususnya facebook di tanah air penuh dengan postingan kontroversi tentnag kue klepon tidak islami.

Meme tersebut berisi quote yang mengajak untuk tidak memakan kue Klepon lagi karena dianggap tidak islami. Sontak saja postingan ini menjadi viral karena dianggap memiliki latar belakang politis untuk menyerang suatu kaum, bukan berupa ajakan sesungguhnya.

“Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan Islami, aneka kurma di tokoh syariah kami,” isi kalimat dari meme tersebut dengan bagian pojok kanan bawah diberi watermark bertuliskan Abu Ihkwan Aziz.

Postingan ini kemudian viral karena banyak netizen yang menyimpulkan jika postingan adalah fitnah yang diluncurkan oleh orang-orang untuk menjelekkan sekelompok orang berasis agama.

Salah satunya dari laman bernama TurnBackHoax yang sudah mendapatkan centang biru dari Facebook atau Facebook mengakui bahwa akun tersebut telah terverifikasi.

Berdasarkan hasil penelusuran TunrBackHoax, penyebaran meme ini dilakukan oleh beberapa akun salah satunya Erwin Rabbani II yang diduga erat adalah seorang buzzer yang mendukung salah satu kandidat calon presiden di pilpres 2019 yang lalu.

Cuplikan Postingan yang dibagikan Erwin Rabbani II
Cuplikan Postingan yang dibagikan Erwin Rabbani II tentang Kue Klepon Tidak Islami

Hal tersebut tersimpan di Archive Facebook yang dapat diakses dilaman https://archive.md/p7D3q

TurnBackHoax hoax juga mencoba menelusuri identaitas dari pemilik tokok kurma Abu Ikhwan Aziz dan hasilnya tidak menemumkan apa-apa baik itu akun Instagram, Pencarian Tempat di MAP Google dan juga Serach Enggine Google.

Meskipun tidak menemukan informasi seputar identitas dari Abu Ihkwan Aziz, akun TurnBackHoax hanya menemukan jika gambar Kelpon yang digunakan dalam meme tersebut merupakan milik Pinot Dita yang diunggah pada 16 September 2008 yang lalu di situs Flickr.com.

Foto tersebut kemungkinan digunakan tanpa ada asosiasi dengan pemilik asli foto. Adapun kesimpulan yang diberikan akun TurnBackHoax

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim ini tidak memilik dasar yang kuat dan terkesan hanya klaim yang dibuat dengan tujuan untuk memancing keributan di media sosial. Beberapa warganet bahkan melakukan upaya pencarian terhadap nama ‘ABU IKHWAN AZIZ” seperti yang tertera di gambar tersebut, namun hasilnya tidak ada.

Foto kue klepon yang digunakan di gambar tersebut, aslinya dalah foto milik Pinot Dita, yang mengunggah foto tersebut di situs flickr.com pada 16 September 2008. Foto tersebut diberi narasi “[Indonesian Food] Klepon – Sweet Rice Balls Stuffed with Coconut Sugar”.Selain itu, kue klepon sendiri adalah salah satu produk yang sering didaftarkan di LPPOM MUI oleh beberapa produsen untuk mendapatkan sertifikat halal MUI.

@TurnBackHoax

12 Komentar

avatar
Benci kaum cebong

dari dlu yang namanya buzzer gak fitnah gak makan terus yang percaya suku cebong pula

    avatar
    Indra T. Djaffrie

    Dari namanya saja sudah menunjukkan niat jahat, dasar kadrun..! Jangan berani2 mengacau NKRI..!!!

      avatar
      Adi aditama

      Itu yg bikin kecebong woiii… Bener nih kecebong jgn berani2 bikin bubar negara NKRI

    avatar
    Garuda Sakti

    Pendatang mo ngatur2 Pribumi..bahlul ente

avatar
Garuda Sakti

Kelakuan Bangsa ngArab..dikit2 kafir,dikit2 jualan ayat..skrg klepon yg jd sasaran. Koplak2..

    avatar
    Ahmad

    Orang bodoh kaya begini nih, ente berani menyimpulkan tanpa data ente bisa kena pasal, akun ente aja Fake goblok

avatar
Kolor

Awas adu domba buduk cebong buzzer

avatar
Cebong & kampret ANJ***ING

Saya mendukung gerakan petrus kepada para cebong maupun kampret yang masih ngocot ga jelas

avatar
Ada deh

Ini strategi pasar yg keren,

avatar
Riz

Gw yakin ini cuma narasi sarkas utk yg dikit2 bilang ini/itu tidak islami, tapi banyak yg gagal paham wkwk

Jangan lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *