Kembali Menu Beranda
Gema.id
Terapkan Strategi Ini agar Peluang untuk Lolos Seleksi CPNS Besar

Terapkan Strategi Ini agar Peluang untuk Lolos Seleksi CPNS Besar

Terapkan Strategi Ini agar Peluang untuk Lolos Seleksi CPNS Besar

Gema – Banyak orang yang sudah tidak sabar dengan pendaftaran CPNS 2018. BKN memperkirakan pelamar bisa mencapai 5 hingga 6 juta orang. Tentunya persaingan sangat ketat untuk merebut total formasi yang disediakan. Adapun total formasi yang disediakan yaitu 238.015 orang. Karena itu, anda perlu melakukan strategi agar peluang untuk lulus besar. Namun strategi apa yang bisa anda lakukan? 

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu anda untuk berjuang di seleksi CPNS 2018. Beberapa strategi berikut ini sudah diterapkan oleh orang-orang yang lolos tes tahun sebelumnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Pilih formasi yang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan anda

Sebaiknya anda perlu menyesuaikan formasi yang dipilih dengan latar belakang pendidikan. Anda harus cermat dalam memilih formasi karena itu merupakan langkah awal yang sangat menentukan kelulusan. 

2. Pilih formasi yang berpeluang besar

Disarankan untuk memilih formasi yang jumlah yang akan diterima banyak, namun anda harus tetap memperhatikan strategi yang sebelumnya. Jangan sampai formasi yang berpeluang itu tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan anda. Mendaftar di formasi yang akan menerima lebih banyak tentunya peluang anda untuk lulus juga besar. 

3. Perbanyak membaca buku dan latihan mengerjakan soal CPNS tahun-tahun sebelumnya

Tentunya cara yang paling ampuh untuk lolos seleksi yaitu dengan rajin mengerjakan soal-soal CPNS. Terlebih pada tahun ini, ujian seleksi berbasis CAT atau Computer Assisted Test.  Adapun tesnya yaitu TKD atau Tes Kemampuan Dasar dan TKB atau Tes Kemampuan Bidang. Nah, di TKD ini dibagi menjadi yaitu TWK, TIU dan TKP.

Untuk itu, anda perlu rutin melakukan simulasi tes berbasis CAT agar terbiasa. Ketika sudah terbiasa, nantinya saat tes akan menjadi mudah dan lancar.

4. Selalu perhatikan syarat khusus dari lembaga atau kementerian tertentu

Hal yang perlu anda perhatikan yaitu syarat-syarat yang diminta oleh lembaga yang anda daftar. Mengapa? Karena setiap lembaga punya syarat yang berbeda-beda. Untuk itu, anda perlu teliti agar semua syarat yang diminta bisa terpenuhi.

5. Siapkan berkas administrasi dibeberapa sebelum pendaftaran dibuka

Semua berkas yang diminta perlu anda siapkan jauh-jauh hari. Ada beberapa berkas yang perlu dilegalisir dengan cap basah dari institusi yang terkait. Selain itu, anda juga harus membuat salinan dari semua berkas gunanya untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa strategi yang dapat anda terapkan dalam menghadapi penerimaan CPNS tahun 2018. Semoga bisa membantu anda.

Jangan lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *