Kembali Menu Beranda
Bitter
Tes MotoGP Bersama Honda, Lorenzo : Era Baru Telah Dimulai

Tes MotoGP Bersama Honda, Lorenzo : Era Baru Telah Dimulai

Tes MotoGP Bersama Honda, Lorenzo : Era Baru Telah Dimulai

(Gema) –¬†Atmosfer MotoGP 2019 sudah mulai terasa usai dua hari tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sayang, tes itu belum berjalan mulus bagi beberapa pembalap. Salah satunya adalah rider anyar Repsol Honda, Jorge Lorenzo. Ini adalah tes perdana Lorenzo bersama Honda usai meninggalkan Ducati di akhir MotoGP 2018. Namun, X-Fuera belum mampu menunjukkan kecepatan yang diharapkan.

Pada hari pertama, Selasa (20/11/2018), Lorenzo hanya menempati posisi ke-18. Situasi tak jauh berbeda dialami pembalap asal Spanyol itu pada hari kedua tes, Rabu (21/11/2018). Kali ini, ia juga hanya bisa menempati urutan ke-12 dalam hal catatan waktu terbaik, terpaut 0,827 detik dari Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha, di posisi teratas.

Meski begitu, manajer Lorenzo, Albert Valera merasa momen pertamanya bersama Honda menuju MotoGP 2019 berjalan positif. Ia memastikan X-Fuera dalam perasaan positif dan sedikit mengabaikan catatan waktu yang belum memperlihatkan hasil mencolok. “Merasa sangat baik dalam ujian pertamanya. Era baru telah dimulai,” ujar Valera seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Lorenzo masih memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan perasaannya dengan motor Honda. Tentu ia tak mau situasi seperti saat baru hijrah ke Ducati pada musim 2017 kembali terulang. Saat itu, Lorenzo butuh 24 balapan untuk mengukir kemenangan perdananya. Menurut beberapa pembalap, Lorenzo juga cukup baik dalam menjalani debutnya bersama Honda.

Selanjutnya, Lorenzo dan pembalap lainnya bakal menjalani tes pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, 28-29 November 2018. “Ya, ia semakin baik, tapi jelas bahwa Honda bukan motor yang mudah. Lihat saja debut (Franco) Morbidelli. Ia pindah ke Yamaha dan berada di depan saya. Ketika pembalap mengendarai Honda, diperlukan adaptasi,” kata Marc Marquez, rekan setimnya.

The Doctor Komentari Penampilan Lorenzo Bersama Honda

Jorge Lorenzo akhirnya menjajal motor Honda RC213V yang membawa Marc Marquez juara dunia MotoGP dalam tiga musim belakangan. Namun, penampilan Lorenzo di atas kuda besi Honda belum sepenuhnya oke. Dalam uji coba motor yang berlangsung di Valencia, Lorenzo gagal tembus 10 besar dalam tabel catatan waktu tercepat pembalap. Hal itu menuai reaksi dari para rival.

Marc Marquez menanggapi dengan sedikit hati-hati. Si Bayi Alien menyebut bahwa Lorenzo membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan karakter Honda. Sebab, Lorenzo memang sebelumnya terbiasa dengan motor Ducati dan Yamaha. Namun, Valentino Rossi lebih keras dalam bersuara. Pembalap asal Italia yang punya julukan The Doctor menyebut bahwa Lorenzo gagal memanfaatkan kelebihan motor Honda.

Singkatnya, Rossi bila bahwa Lorenzo sangat lambat. “Saya sempat melaju di belakang beberapa pembalap, termasuk Lorenzo. Ketika saya melihatnya, dia tidak cepat. Katakanlah, dia masih terlihat tidak baik di atas motor,” ujar Rossi.