Bitter
Tren Penggunaan Charcoal Mask, Benarkah Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Tren Penggunaan Charcoal Mask, Benarkah Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Lifestyle
Tren Penggunaan Charcoal Mask, Benarkah Ampuh Menghilangkan Jerawat?

Gema – Kini sudah banyak beredar produk kecantikan yang menggunakan activated charcoal sebagai bahan dasar. Baik produk pencuci wajah, masker dan bahkan pasta gigi. Kabarnya masker charcoal ini ampuh mengatasi masalah jerawat dan mengangkat komedo yang mengganggu. Namun, apa sebenarnya activated charcoal itu? Benarkah ampuh membersihkan wajah dan mengatasi jerawat? Berikut jawabannya.

Apa itu activated charcoal?

Activated charcoal merupakan arang namun bukan arang dari batu bara yang digunakan untuk membakar, melainkan karbon yang berasal dari bambu atau serbuk kayu dan sudah melewati proses pengaktifan. Proses tersebut berguna untuk membuat daya serapnya meningkat.

Sebenarnya, arang aktif ini sudah lama digunakan di dunia medis untuk mengobati pasien yang mengalami keracunan dan overdosis narkoba. Zat karbon aktif ini bekerja dengan cara mengikat diri pada racun kemudian menyerap sebelum masuk ke aliran darah. Charcoal dapat mengangkat kotoran hingga 200 kali dari beratnya sendiri. Karena itu, activated charcoal ini termasuk bahan alami yang dapat digunakan sebagai pembersih wajah.

Bagaimana cara kerja dari charcoal mask dalam membersihkan wajah?

Arang aktif ini akan bekerja layaknya magnet yang akan menarik debu, kotoran dan bakteri keluar dari kulit. Jika arang ini terkandung pada masker, maka kotoran ataupun debu akan menempel pada lapisan tersebut kemudian terangkat saat masker dilepas.

Charcoal dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat mengurangi risiko munculnya jerawat. Selain itu, charcoal mask juga dapat membuat pori-pori terbuka kemudian menyerap kotoran yang ada di dalamnya.

Apakah charcoal mask aman digunakan?

Arang aktif ini aman digunakan. Activated charcoal dalam bentuk yang murni tidak akan memicu terjadinya iritasi dan alergi. Meskipun pada beberapa produk kecantikan sudah mencampur arang aktif ini dengan bahan yang lainnya tetap tidak akan menimbulkan iritasi. Malah, anda akan mendapatkan manfaat yang lainnya. Selagi bahan yang ditambahkan termasuk bahan yang aman.

Hanya saja, jika Activated charcoal digunakan sebagai masker wajah maka akan memberi rasa sakit ketika masker dilepaskan. Mengapa? Karena masker arang ini akan menempel dan mengering pada wajah sehingga sulit dilepaskan. Namun, saat melepaskan masker tersebutlah yang akan mengangkat komedo dan kotoran pada wajah. Rasa sakit yang akan muncul ini seperti saat melakukan waxing wajah. 

Seorang dokter kulit, Melissa Piliang menyarankan jika hendak memilih produk charcoal mask sebaiknya perhatikan kandungan dari produk tersebut. Pastikan tidak ada bahan kimia yang dapat memicu terjadinya alergi. Untuk itu, rajinlah mengecek komposisi produk sebelum membeli.

Bagaimana cara mengurangi rasa sakit saat melepaskan charcoal mask?

Untuk mengurangi rasa sakit saat melepaskan masker ini, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Sebelum menggunakan masker, anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu kemudian mencabut bulu halus pada wajah. Cara tersebut akan mengurangi rasa sakit saat nantinya anda akan melepaskan masker.

Hal yang perlu anda ketahui juga yaitu jangan mengaplikasikan masker ini seluruh area wajah. Cukup aplikasikan di bagian dahi, hidung, dagu atau di bagian yang berjerawat dan berkomedo. Mengapa? Karena area tersebut merupakan area yang sering berminyak. 

Setelah anda mengenakan masker, disarankan untuk mencuci wajah dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut. Hal tersebut berguna untuk membersihkan wajah dari residu masker yang bisa saja tertinggal di kulit anda. Jika tidak, residu masker tersebut bisa memicu munculnya jerawat. Selain itu, disarankan juga untuk mengoleskan pelembab gunanya untuk membuat kulit menjadi lebih tenang.